Ekspedisi Elang Nusa Telkomsel Jelajahi Ambon


satumaluku.com- Selama sebulan penuh terhitung mulai 14 April hingga 14 Mei 2016 mendatang, Telkomsel akan menjelajahi Indonesia lewat program Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa).

Lewat program ini, Telkomsel akan menyiarkan keindahan bumi nusantara dari udara, melalui kehandalan jaringan broadband terluas dan tercepat dengan video streaming dari dua buah drone raksasa jenis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia.

Sabtu (23/4), drone yang melintasi jalur Timur Indonesia (Elang Timur), tiba di Kota Ambon untuk menjelajahi berbagai keindahannya dari atas udara, setelah lepas landas dari Sabang dan Merauke tanggal 14 April lalu.

GM Marketing and Sales Telkomsel, Ricky Panggabean mengatakan, ini adalah perjalanan ekspedisi Elang Nusa di hari kedelapan, dimana Telkomsel melepaskan dua buah drone tepatnya dari Sabang dan Merauke.

Khusus untuk wilayah Timur yang dilepas dari Merauke, drone tersebut telah melewati beberapa kota seperti Jayapura, Sorong maupun Raja Ampat, untuk mengeksplor berbagai keindahan di daerah-daerah tersebut, yang nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat lewat jaringan Telkomsel di http://www.telkomsel.com/elangnusa.

Menurutnya, ini adalah ekspedisi yang baru pertama kali dilakukan, dan dengan ini masyarakat dunia pun bisa melihat keindahan kota-kota yang disinggahi.

Khusus untuk Kota Ambon, lanjutnya, kehadiran ekspedisi Elang Nusa sekaligus untuk melakukan uji coba jaringan Telkomsel yang kini sudah menggunakan 4G LTE, yang tentunya akan turut mendukug program Ambon sebagai Smart City. Dengan dukungan 32 BTS, menurutnya, sekitar 80 persen wilayah Kota Ambon sudah bisa tercover layanan jaringan 4G LTE.

Sementara itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutannya saat pelepasan drone ekspedisi Elang Nusa di Lapangan Merdeka, Sabtu (23/4/2016) menyampaikan terima kasih kepada Telkomsel karena Ambon dipilih sebagai salah satu kota yang disinggahi untuk dijelajahi dalam Ekspedisi Langit Nusantara ini. Dan belum lama ini, Ambon juga menjadi salah satu dari 100 kota di Indonesia yang melakukan launching 4G LTE.

”Tentunya, pilihan-pilihan untuk Ambon oleh Telkomsel bukan sekedar basa-basi, tapi karena potensi Ambon yang signifikan dan cukup memberikan kontribusi bagi Telkomsel walaupun Ambon adalah sebuah kota kecil,” katanya.

Kehadiran Ekspedisi Langit Nusantara di Ambon, kata Walikota, memiliki nilai strategis terutama di bidang ekonomi khususnya sektor pariwisata. ”Ini bisa menjadi promosi pariwisata gratis bagi kita yang diberikan oleh Telkomsel,” tandasnya.

Manager Telkomsel Branch Ambon, Joseph Dangeubun mengatakan, berbagai aktivitas dan program Elang Nusa yang Telkomsel lakukan di Ambon, juga dalam rangka mengajak masyarakat dan berbagai komunitas untuk dapat melihat lebih dekat drone berukuran besar yang menangkap keindahan Indonesia di jalur timur dari udara.

Dijelaskannya, dalam proses perjalanan Elang Timur melewati Kota Ambon untuk menangkap dan kemudian mengunggah hasil video didukung dari sisi infrastruktur, dimana Kota Ambon dan sekitrarnya memiliki lebih dari 162 BTS 3G dan 32 BTS 4G, yang akan memberikan pelanggan kualitas terbaik dalam menikmati layanan data.

Dalam ekspedisi ini, dua buah drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,5 meter diterbangkan secara bersamaan, menempuh jalur barat (Elang Barat) dan jalur timur (Elang Timur) Indonesia sepanjang 8.500 Km.

Elang Barat memulai perjalanan dari sabang dan akan menempuh beberapa kota diantaranya, Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang. Sementara Elang Timur berangkat dari Merauke dan bergerak melewati Sorong, Waisai, Raja Ampat, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar dan Labuan Bajo.

Diakhir perjalanan, kedua drone akan bertemu dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Menurut Dangeubun, Elang Nusa juga merupakan bukti nyata Telkomsel sebagai operator yang paling berkomitmen untuk membangun daerah di Indonesia, dimana masyarakat dapat melihat keunggulan jaringan broadband Telkomsel yang terbentang di berbagai penjuru tanah air.  (febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s