Mahasiswa STIKes Maluku Husada Diajak Jadi Pelopor Anti Narkoba


satumaluku.com- Para mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Maluku Husada yang berlokasi di Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), diajak untuk menjadi pelopor Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Ajakan kepada para mahasiswa STIKes Maluku Husada dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku saat melakukan Diseminasi Komunikasi Informasi Edukasi Program P4GN pekan lalu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Maluku, Drs Benny Timisela yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut mengatakan, saat ini Indonesia sudah berada dalam tahap darurat narkoba. Situasi ini sangat membahayakan terutama bagi generasi muda yang adalah penerus tongkat estafet pembangunan bangsa.

Karena itu, sejak dini, generasi muda perlu terus diingatkan tentang bahaya penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba.

Menurutnya, narkoba kini sudah menyusup sampai ke sendi-sendi terkecil kehidupan masyarakat, dan bukan saja di perkotaan tapi di pedesaan pun, narkoba mulai marak.
”Berbagai cara dipakai oleh para pengedar untuk merayu seseorang menggunakan narkoba. Karenanya, anak-anak muda terutama para mahasiswa, harus bisa membentengi diri dan jangan mudah terpancing dengan bujuk rayu untuk menggunakan narkoba. Karena sekali saja terjerumus, bisa merusak masa depan kalian seumur hidup,” tuturnya.

Selama ini BNN gencar melakukan berbagai sosialisasi bahkan sampai ke daerah seperti yang dilakukan di STIKes Maluku Husada di Kairatu tersebut, lantaran BNN ingin selalu memberi tahu dan menyadarkan masyarakat terutama generasi muda tentang bahaya narkoba.

”Narkoba enaknya hanya sesaat, tapi setelah itu akan menderita seumur hidup,” tegasnya. Dia berharap kepada para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, agar bisa berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan
di kampus maupun masyarakat.

”Mahasiswa adalah ujung tombak untuk menyerukan kepada masyarakat agar tidak salah gunakan narkoba. Dengan kata lain, mahasiswa adalah harapan bangsa dan negara untuk mencapai generasi emas atau generasi yg tidak menggunakan narkoba,” tuturnya.

Selain Benny Timisela, ada juga pembicara lain dari BNNP Maluku yakni Kepala Sub Bagian Administrasi, Ija Umasugi, SP. Paparan dan diskusi di STIKes Maluku Husada berjalan baik, bahkan para peserta pun tampak sangat antusias dalam menyampaikan berbagai pertanyaan kepada nara sumber.(SM-07)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s