Pacu PAD; Ambon Andalkan Jasa Perdagangan, Perikanan dan Pariwisata


satumaluku.com- Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengakui bahwa Kota Ambon sangat minim Sumber Daya Alam (SDA) yang signifikan untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan daerah (PAD).

Karenanya, untuk memacu pendapatan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengandalkan tiga leading sector yang menurutnya sangat dominan, yakni jasa perdagangan, perikanan dan pariwisata.

Hal ini disampaikan Walikota dalam sambutannya pada peluncuran drone raksasa dalam rangka Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) oleh Telkomsel, di Lapangan Merdeka, Sabtu (23/4).

Menurutnya, sektor jasa perdagangan memberikan kontribusi kurang lebih 57 persen bagi PAD dan PDRB KOta Ambon. Sedangkan yang kedua, lanjutnya, sedikit dari sumber daya laut. ”Karena kondisi geografis kita yang dikelilingi oleh laut, sehingga sektor perikanan juga memberikan sedikti kontribusi
bagi Kota Ambon,” tandasnya.

Sedangkan yang ketiga, kata Walikota, adalah sektor pariwisata atau tourism. Menurutnya, sektor ini adalah harapan masa depan Ambon, karena ada dua hal unik yang dimiliki kota ini yakni fenomena alam yang sangat menjanjikan serta perilaku masyarakat yang sangat hospitality, yang benar-benar ramah kepada para pendatang.

”Keramahan ini juga yang membuat Ambon menjadi satu-satunya kota dengan julukan Manise,”tandasnya.

Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini sudah ada Jembatan Merah Putih (JMP) Galala-Poka yang menjadi salah satu ikon terbaru di Kota Ambon. ”Banyak jembatan yang bagus ada di daerah lain, tapi jembatan dengan pemandangan teluk dan keindahan yang luar biasa, hanya ada di Ambon yaitu JMP Galala-Poka, dan ini
akan sangat menggairahkan orang untuk mau datang ke Ambon. Ini menjadi potensi masa depan kita,” katanya.

Jadi, tambahnya, meski minim sumber daya alam, tapi tiga leading sector tersebut yang akan menjadi kekuatan Kota Ambon kedepan. ”Untuk menjawab itu, tidak mungkin jika kita berada dalam ketidakpastian sosial. Karenanya, harmonisasi sosial juga harus menjadi kekuatan kita di Kota Ambon,”
ujarnya. (SM-07)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s