Mulai Dioperasionalkan, Lima Unit Bus Bantuan Pusat untuk Maluku


satumaluku.com- Sebanyak lima unit  bus rapid transit (BRT) diresmikan operasionalnya oleh Gubernur Maluku Said Assagaff, Senin (25/4/2016). BRT adalah sebuah sistem bus yang cepat, nyaman, aman dan tepat waktu dari infrastruktur, kendaraan dan jadwal.

Kehadiran kelima bus tersebut akan melengkapi armada transportasi antar kabupaten-kota dalam provinsi. Menurut rencana, kelima BRT yang baru diresmikan pengoperasiannya di Maluku ini akan beroperasi pada Koridor I yakni rute Ambon-Hatu.

Kepala Dinas Perhubungan Benny Gaspersz berharap, kehadiran bus-bus tersebut akan makin memperluas layanan transportasi masyarakat kecil yang difasilitasi oleh pemerintah.

”Tarifnya juga akan sangat kompetitif dan terjangkau karena sesungguhnya hakekat utama aparatur perhubungan adalah melayani masyarakat kecil semaksimal mungkin di bidang transportasi,” katanya. Menurut Benny, lima unita BRT itu merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan.

Sementara itu berdasarkan data yang ada, selain mendapat bantuan 5 unit BRT, Provinsi Maluku juga mendapat bantuan 4 bus perintis dari Departemen Perhubungan. (baca: Kemenhub Hibah 5 Bus BRT dan 4 Bus Angkutan Perintis untuk Maluku)

Adapun bus perintis dan bus BRT diadakan untuk melayani masyarakat umum. Untuk ukuran bus, menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

Pemberian bus-bus untuk Pemprov Maluku merupakan bagian dari penyerahan 1.240 bus ke sejumlah pemerintah daerah dan dua Badan Usaha Milik negara (BUMN) bidang transportasi, yakni Perum Damri dan Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD). (febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s