Pusat Siapkan Rp400 Miliar Bangun Fly Over Batumerah – Pertigaan Karpan


satumaluku.com- Pemerintah Pusat (Pempus) lewat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyisihkan anggaran Rp400 miliar untuk pembangunan jalan layang (fly over) dari kawasan Batumerah ke pertigaan Karang Panjang (Karpan) Kota Ambon. 

Upaya ini dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di kawasan Batu Merah menuju pusat kota setelah dioperasikannya Jembatan Merah Putih (JMP) Galala-Poka. ,

Gubernur Maluku Said Assagaff kepada wartawan, Senin (25/4/2016) mengatakan, agar pembangunan fly over bisa segera dilaksanakan, Gubernur memerintahkan Sekda Maluku untuk segera membuat surat kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, guna memberitahukan rencana pembangunan fly over tersebut.

Gubernur juga meminta Pemkot segera melakukan pendekatan dengan warga yang rumah-rumahnya akan terkena gusuran untuk proyek fly over. ”Pendekatan dengan warga harus segera dilakukan, karena sesuai arahan Menteri PU, yang terpenting adalah masalah sosial di jalur tersebut harus diselesaikan dengan baik. Karenanya, saya minta Pemerintah Kota untuk melakukan hal tersebut,” ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, semua penganggaran akan berasal dari pusat, dan modal pemerintah daerah hanya mendekati masyarakat untuk memberikan sosialisasi khususnya kepada mereka yang rumahnya akan tergusur karena proyek fly over.

”Masyarakat yang terkena gusur, kita bukan ganti rugi, tapi kita ganti untung. Mereka juga akan kita pindahkan dan kita buat tempat tinggal yang baru, tergantung dimana nanti lokasi baru yang akan dipilih untuk mereka tempati,”tambah Gubernur.

Jalur fly over yang akan dibangun nanti, dimulai dari turunan Batu Merah tepatnya di depan Makam Anak Cucu Diponegoro menuju pertigaan naik ke Karang Panjang. ”Itu nanti untuk kendaraan yang akan menuju ke pusat kota, sedangkan yang akan ke terminal, tetap pada jalur yang sama hanya jalannya akan kita perlebar lagi,” terang Gubernur.

Saat ini, lanjut Gubernur, Maluku sedang mendapat banyak kepercayaan dari Pemerintah Pusat sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

”Kalau tidak ada aral melintang, bulan ini juga sudah harus dilakukan proses tender untuk pembangunan jembatan 400 meter Larat – Yamdena. Uangnya sudah ada Rp300 miliar lebih dan diminta untuk ditender bulan ini juga. Ini adalah kesempatan emas bagi Maluku,” kata Gubernur lagi.

Selain proyek-proyek pembangunan, lanjutnya, dalam tahun ini juga Maluku akan mendapatkan bantuan 10 kapal Rede dari Kementrian Perhubungan yang akan melayari daerah-daerah yang tidak memiliki dermaga. ”Tahun lalu Departemen Perhubungan hanya buat 20 kapal dan tahun ini 10 kapal akan didatangkan ke Maluku,” tandas Gubernur.

Hanya, ada hal yang mengganjal Gubernur terkait percepatan pembangunan yang dijanjikan pemerintah pusat di Provinsi Maluku. Pasalnya aparatur pemerintahan di bawahnya bergerak lambat dalam menyambut bantuan tersebut.”Saya mau lari cepat, tapi yang di belakang ini bergeraknya lambat. Ini yang kadang-kadang membuat saya dan Pak Wagub marah-marah,” kata Gubernur. (febby kaihatu)

2 thoughts on “Pusat Siapkan Rp400 Miliar Bangun Fly Over Batumerah – Pertigaan Karpan

  1. Klw yang di bawahnya bergerak lambat, di kasi teguran aja, klw masih lambat juga langsung di ganti dengan tenaga2 profesional, yang niatnya mau membangun maluku menjadi lebih baik, lebih maju dan sejajar dengan daerah2 lain di nusantara

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s