Orno-Noah Resmi Dilantik Jadi Bupati-Wabup Maluku Barat Daya


satumaluku.com- Pasangan Barnabas Orno dan Benjamin Thomas Noah, resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) periode 2016-2021 oleh Gubernur Maluku Said Assagaff. Seremoni pelantikan dilaksanakan di aula lantai tujuh Kantor Gubernur Maluku, Selasa (26/4/2016).

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakn terpilihnya Orno dan Noah menunjukan adanya kemajuan dan keberhasilan yang telah dicapai selama kepemimpinan periode lima tahun pertama, yang memberikan dampak kemaslahatan terhadap masyarakat di Kabupaten MBD.

Untuk periode kepemimpinan yang kedua ini, lanjut Gubernur, tantangan yang dihadapi kedepan makin berat dengan persoalan mendasar yang ada di masyarakat seperti kemiskinan dan keterisolasian wilayah yang telah menjadi isu sentral.

Karenanya, Gubernur meminta Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja dilantik tersebut untuk bekerja keras mendorong pembangunan, mudahkan jalan bagi masuknya investasi sehingga akan terbuka lapangan kerja bagi masyarakat serta mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di daerah dengan mengutamakan kepentingan masyarakat.

Gubernur juga meminta Bupati dan Wakil Bupati agar selalu menjaga relasi dan membangun hubungan kerjasama yang baik dengan DPRD setempat, aparat TNI dan Polri, para tokoh agama, tokoh masyarakat serta semua elemen masyarakat yang ada di MBD, agar penyelenggaraan pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Bupati MBD Barnabas Orno kepada wartawan usai dilantik mengatakan, dirinya bersama Wakil Bupati telah memiliki program 100 hari kerja, dan yang pertama akan dilakukan adalah konsolidasi kembali persatuan dan kesatuan masyarakat MBD dan seluruh birokrasi, karena saat pilkada pastinya ada peta konflik diantara mereka.

”Jadi saya dengan Wakil Bupati akan sama-sama kerja, kami akan turun ke desa-desa untuk kami membuktikan lagi penguatan kepada rakyat, memotivasi rakyat untuk bersatu membangun MBD,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, untuk kalangan birokrasi juga akan dikonsolidasikan kembali karena walaupun birokrasi profesional, tapi tentunya pilihan politik ada yang berbeda sehingga semua harus disatukan kembali.

Menyinggung apakah dirinya akan melakukan perombakan birokrasi setelah dilantik, Orno tegaskan bahwa tidak akan ada perombakan birokrasi. ”Saya sudah lima tahun bekerja dengan birokrat disana, jadi saya tahu persis mereka. Tapi kalau bicara tentang pembenahan, promosi itu wajar dan sah saja,” ujarnya. (febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s