25 April – 2 Mei, Masa Pendaftaran SNMPTN Mahasiswa Baru Unpatti


satumaluku.com- Universitas Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon sudah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Masa pendaftaran jalur SNMPTN dibuka sejak 25 April hingga 30 Mei 2016 mendatang.

Pembantu Rektor I Unpatti Muhammad Riadh Uluputty mengatakan, perekrutan mahasiswa baru Unpatti Ambon dilakukan lewat tiga jalur, yakni SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.

“Ada tiga jalur seleksi nasional, saat ini kita masuk pada tahapan SNMPTN, sedangkan untuk jalur SBMPTN dan mandiri akan dibuka setelah menunggu hasi dari SNMPTN,” katanya, Rabu (27/4/2016) dilansir Antara.

Dalam pelaksanaan SNMPTN tahun 2016, pihaknya juga mendapat kepercayaan pelaksanaan seleksi melalui sistem “Computer Based Test” (CBT) dengan jumlah kuota sebanyak 80 kursi untuk calon mahasiswa baru.

Seleksi CBT di wilayah timur Indonesia hanya tiga daerah, yakni Universitas Hasanudin Makassar (Unhas), Universitas Haluoleo Kendari dan Unpatti.

Pihaknya siap melaksanakan sistem CBT karena Unpatti telah memiliki infrastruktur yang memadai, yang perlu menjadi perhatian adalah penyediaan komputer.

“Hal ini menandakan kami dari sisi infrastruktur siap sehingga dipercayakan untuk melaksanakan CBT hanya perlu menyiapkan komputer, ” ujarnya.

Ia mengakui, kuota tahun 2016 mengalami perubahan dibandingkan tahun 2015. kuota SNMPTN 40%, SBMPTN 30% dan Mandiri 30%. Jumlah tersebut mengalami penurunan yakni kuota SNMPTN dari 50% turun menjadi 40%.

Untuk aplikasi CBT telah disiapkan yang menempatkan peserta sebagai klien dan soal sebagai server sehingga akan mempermudah bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi.

Sistem CBT juga tidak mengenal standar nilai. Karena itu terbuka untuk umum, siapa yang cepat akan mendapatkan kesempatan tersebut.

“Kita siap untuk melaksanakan seleksi dengan sistem CBT, karena calon mahasiswa telah dbekali dengan ujian sistem CBT, sehingga saat pelaksanaan dipastikanm siap,” kata Riadh. (*/ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s