Usaha Keramba Ikan Prospektif,  PNS Kodam Bisa Beli Rumah dan Mobil


satumaluku.com- Terobosan program Emas Biru yang dilakukan Kodam XVI/Pattimura membuahkan hasil. Rabu (27/4/2016), keramba Kodam XVI/Pattimura yang berada tepat di belakang Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon, mulai berproduksi dengan menghasilkan ikan kerapu dan kakap putih, yang jumlahnya mencapai 4.000 ekor.

Dalam panen perdana ini, Pangdam Mayjen TNI Doni Monardo mengatakan, ikan-ikan dari keramba tersebut, adalah hasil budidaya yang mulai dilakukan pada empat bulan lalu.

”Dengan hasil panen dari keramba ini, menunjukan kalau Program Emas Biru sangat nyata dan riil, serta membawa harapan baru bagi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, budidaya perikanan dengan pembuatan keramba adalah salah satu cara sederhana yang bisa menghasilkan bagi masyarakat di Maluku. Apalagi, setiap tahun waktu efektif bagi nelayan di Maluku untuk melaut hanyalah 6 bulan 3 minggu. Selebihnya tak bisa melaut karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan.

”Daripada banyak waktu terbuang karena tidak bisa melaut, kan lebih baik mengurus ikan di keramba. Hasilnya juga sangat menjanjikan,” ujarnya.

Keramba pun ada bermacam-macam yang bisa menjadi pilihan masyarakat, seperti keramba teluk, keramba tancap serta keramba jaring apung. Sedangkan bibit ikannya, bisa diperoleh dari Balai Budidaya Perikanan yang setiap tahun menghasilkan 600 juta bibit ikan dan hanya sedikit yang terpakai.

Pangdam menyarankan masyarakat di Maluku untuk mulai memikirkan usaha perikanan budidaya dengan pembuatan keramba. Dia mencontohkan salah seorang PNS Kodam XVI/Pattimura, Jeffry yang beberapa tahun belakangan ini sangat gigih dengan usaha keramba. Hasilnya Jeffry sudah mampu membeli rumah dan mobil bahkan menyekolahkan anaknya di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura.

Kepala BRI Cabang Ambon mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung berbagai program dari Pangdam XVI/Pattimura. ”Ini kegiatan yang luar biasa, terutama bagi bank yang bergerak di bidang bisnis mikro, dan ini tentunya akan menjadi inspirasi bagi dunia perbankan kedepan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala BNI Cabang Ambon Dione Limon serta Kepala Jamkrindo Cabang Ambon yang intinya sangat mendukung program Emas Biru dan Emas Hijau yang dicanangkan oleh Pangdam.

Sedangkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Wuryanto mengatakan, program yang dicanangkan oleh Pangdam ini sangat luar biasa, karena hasilnya nyata dan bisa langsung dinikmati.

Untuk itu, pada bulan Mei mendatang, BI dan Kodam XVI/Pattimura juga akan meluncurkan beberapa program kerja sama, yang diharapkan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Panen ikan kerapu dan kakap putih kemarin, dilakukan langsung di keramba oleh Pangdam XVI/Pattimura, Kapolda Maluku, Kasdam XVI/Pattimura, Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku serta sejumlah tamu undangan lainnya yang hadir. (febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s