Seleksi Calon Praja IPDN, 411 Peserta dari Maluku Lolos Tes Administrasi


satumaluku.com- Sebanyak 411 peserta seleksi administrasi calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri dari Provinsi Maluku dinyatakan lolos tes administrasi.

Pengumuman lolosnya ke-114 peserta seleksi calon praja IPDN dari Provinsi Maluku itu diumumkan sesuai jadwal yang telah dtetapkan yakni pada Rabu 27 April 2016.

Dari hasil pengumuman, terlihat mereka yang lolos tes administrasi masih didominasi peserta dari Kota Ambon yakni 225 orang. Selanjutnya, Kabupaten Maluku Tengah 60 peserta, Kabupaten Pulau Buru 31, Maluku Tenggara Barat 25, Seram Bagian Barat 24, Maluku Barat Daya 12, Maluku Tenggara 11, Kota Tual 10, Seram Bagian Timur 7 dan Buru Selatan 6 peserta.

Dari peserta di Provinsi Maluku yang hasil tes administrasinya diumumkan secara online di link resmi IPDN, tak ada satupun nama peserta dari Kabupaten Kepulauan Aru di daftar tersebut.

Siaran pers IPDN menjelaskan, sebelum menjadi Calon Praja IPDN maka para calon peserta diwajibkan untuk mendaftar dan mengikuti semua tahapan tes yang akan diujikan. Jika para pendaftar/peserta di tiap tes nya sampai dengan tes akhir memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan maka dapat dinyatakan lulus sebagai calon praja IPDN.

Begitu pula sebaliknya jika salah satu item Tahapan Tes Yang diujikan ada yang GAGAL/GUGUR atau Tidak Memenuhi Syarat maka dinyatakan GAGAL karena sistem tahapan tes yang dilakukan IPDN dalam Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) baru menggunakan sistem GUGUR.

Adapun setelah Tes Administrasi, mereka yang sudah dinyatakan lulus tes tersebut akan menjalani tahapan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan system Computer Assisted Test (CAT).

Jika Lolos, maka akan dilanjutkan Tes Kesehatan; Tes Psikologi dan Tes Integritas & Kejujuran dan terakhir Tes Pantukhir (Di IPDN Jatinangor).

Untuk Tes Pantukhir, meliputi Verifikasi faktual dokumen administrasi,
Tes ulang kesehatan, Tes Kesemaptaan dan Wawancara.

Sebelumnya, Pembantu Rektor III IPDN, Hyronimus Rowa di Ambon, Kamis (21/4/2016) mengatakan Provinsi Maluku dijatahi 20 Praja dalam seleksi IPDN tahun 2016. Adapun total praja IPDN yang akan direkrut pada tahun ini sebanyak 900 orang. (ald)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s