Buntut Suap Trans Seram, Huwae dan Latuconsina akan Diperiksa di KPK


satumaluku.com- Ketua DPRD Provinsi Maluku Edwin Huwae dan Wakil Walikota Ambon Sam Latuconsina akan diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pemeriksaan kepada kedua pejabat di Maluku itu masih terkait dengan kasus suap dengan tersangka bos PT Windhu Tunggal Utama Abdul Khoir dan Kepala Balai Jalan Wilayah IX Maluku dan Maluku Utara Amran Mustari.

Saat ini, surat panggilan pemeriksaan terhadap Huwae dan Latuconsina sudah disampaikan penyidik KPK. “Kami telah mengirimkan surat panggilan kepada Ketua DPRD Provinsi Maluku dan Wakil Walikota Ambon untuk diperiksa. Keduanya akan menjalani pemeriksaan di Kantor KPK di Jakarta,“ ujar Ketua Tim Penyidik KPK AKBP Hendrik Christian, di Ambon, Kamis (28/4/2016).

Christian dan tim penyidik KPK berada di Kota Ambon sejak beberapa hari lalu untuk kepentingan penggeledahan dan pemeriksaan sejumlah saksi. Hasil penggeledahan dan pemeriksaan saksi yang umumnya berasal dari kantor Balai Jalan Wilayah IX Maluku dan Maluku Utara telah berujung dengan ditetapkannya Kepala BPJN IX Amran Mustary sebagai tersangka kasus suap.

Masih terkait kasus yang sama, pada Kamis, tim penyidik KPK masih melanjutkan pemeriksaan di Mako Brimob, Tantui, Ambon, dengan memeriksa delapan saksi.

Mengenai pemeriksaan terhadap Huwae dan Latuconsina, menurut Christian telah dijadwalkan pemeriksaan pada hari Selasa dan Rabu pekan depan.

Sementara itu Edwin Huwae kepada sinarharapan.net Kamis malam (28/4/2016) mengakui dia memang dipanggil sebagai saksi. Jadi, tak ada masalah. “Saya dipanggil sebagai saksi dan ini terkait dengan sumbangan untuk panitia pembangunan rumah ibadah. Jadi, tak ada masalah yang perlu dibesar-besarkan,” tutur Edwin yang menyatakan siap memenuhi panggilan tersebut.

Informasi yang berhasil dikumpulkan menyebutkan, kemarin tim penyidik KPK yang dipimpin Christian tersebut juga menyambangi kediaman HC, salah satu pengusaha ternama di Kota Ambon.

Diduga kedatangan tim penyidik KPK ke kediaman HC tersebut guna memberikan surat panggilan kepada pengusaha yang diketahui dekat dengan beberapa pejabat di Maluku ini. (SM – 03)

2 thoughts on “Buntut Suap Trans Seram, Huwae dan Latuconsina akan Diperiksa di KPK

  1. Harus …. KPK harus periksa sampai ke akar2nya .
    Di ambon semua lini proyek pemerintah seng ada satu pun yg beres.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s