Lebar Landasan Jadi Alasan Izin Terbang Wings Air ke Dobo Dicabut


satumaluku.com- Tanda tanya kenapa Kementerian Perhubungan (kemenhub) memutuskan mencabut ijin penerbangan Wings Air dari Bandara Pattimura Ambon ke Bandara Rar Gwamar di Dobo Kabupaten Aru, yang rencananya akan melakukan penerbangan perdana pada 27 April 2016 lalu, terjawab sudah. Ternyata, lebar landasan atau run way Bandara Rar Gwamar yang menjadi penyebabnya.

Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Maluku, John Rante yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (2/5/2016) mengakui, kalau awalnya saat pihaknya diberitahu tentang pencabutan ijin penerbangan Wings Air ke Dobo, sama sekali tidak disertakan alasan kenapa sampai dicabut.

”Ketika itu, kami menerika informasi dari Area Manager Lion Ambon Ramly Makawimbang via sms, bahwa ijin rute Ambon- Dobo-Ambon, oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara perdana flight Wings Air pada 27 April dibatalkan sampai pemberitahuan selanjutnya. Saya coba hubungi teman-teman di Direktorat Angkutan Udara yang punya kewenangan penerbitan ijin rute, mereka juga sampaikan bahwa itu dipending tapi kenapa dipending, mereka tidak sampaikan secara rinci,” tuturnya.

Kendati demikian, menurut John, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan jawaban yang pasti agar masyarakat tidak terus bertanya-tanya dan akhirnya Senin kemarin, setelah berkoordinasi lagi dengan Area Manager Lion Ambon Ramly Makawimbang, diperolah jawaban bahwa lebar landasan yang dinilai belum memadai sehingga Kemenhub terpaksa mencabut kembali ijin penerbangan Wings Air dari Ambon ke Dobo tersebut.

Menurutnya, saat ini Bandara Rar Gwamar memiliki panjang landasan 1.300 meter dengan lebar 23 meter. Sedangkan yang dimintakan adalah, lebar landasan harus 30 meter.

Untuk memenuhi hal tersebut, katanya, dalam tahun anggaran 2016 ini akan ada kegiatan penambahan lebar dari 23 menjadi 30 meter, juga tambahan 100 meter untuk panjang landasan, sehingga total keseluruhan menjadi panjang 1.400 meter dan lebar 30 meter.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kemenhub mencabut ijin penerbangan Wings Air Ambon-Dobo hanya sehari sebelum dilakukan penerbangan perdana yang dijadwalkan pada Rabu (27/4/2016) lalu.

Hal ini disayangkan Presiden Direktur Lion Grup, Edward Sirait, karena animo masyarakat terhadap pembukaan rute Ambon-Dobo dan Dobo-Ambon cukup tinggi yang terbukti dengan terjual habisnya tiket penerbangan tersebut.

Rencananya, pesawat dengan nomor penerbangan IW 1534 akan berangkat pada pukul 07.50 WIT, dan sebaliknya penerbangan IW 1535 dengan rute Dobo – Ambon berangkat pada pukul 09.55 WIT. Namun lantaran pencabutan izin rute itu, Wing Air membatalkan penerbanganya dari Ambon-Dobo dan sebaliknya, serta melakukan refund tiket yang telah terlanjur dibeli oleh calon penumpang.

Tidak jadi beroperasinya Wings Air ke Dobo ini juga sangat disesalkan masyarakat, karena mereka sangat terbatas akses untuk ke Dobo. Saat ini hanya ada satu penerbangan yang melayani rute Ambon-Dobo dan Dobo-Ambon, yakni Trigana.

Hanya saja, lantaran menjadi pemain tunggal di rute tersebut, terkadang harga tiket yang dijual pun sangat mahal, mencapai Rp1,7 juta. Belum lagi kalau pesawat mengalami gangguan teknis dan tak bisa terbang, semakin menyulitkan akses masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dari Ambon ke Dobo dan sebaliknya.(febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s