Gaji 6 Juta Sebulan, 24 Warga Bojonegoro sudah Mulai Kerja di Maluku Tenggara


satumaluku.com- Masih ingat berita tentang kerja budidaya di Maluku Tenggara dengan iming-iming gaji Rp6 juta per bulan? Saat ini, sebanyak 24 tenaga kerja asal Bojonegoro dari 300 tenaga kerja yang dibutuhkan telah diberangkatkan bersamaan dengan acara peninjauan lokasi tentang budidaya rumput laut di Maluku Tenggara.

Dilansir dari suarajatimpost.com, Kepala Disnakertransos Kabupaten Bojonegoro, Adie Wijaksono S Sos MSi mengatakan, bahwa saat peninjauan ke Maluku Tenggara dengan Bank Jatim, PT Prisma Surabaya serta Disnakertransos Propinsi tepatnya tanggal 18 hingga 21 April lalu, pihaknya bersama dengan 24 tenaga kerja tiba dilokasi budidaya rumput laut tersebut.

“Mustinya untuk tenaga kerja yang di butuhkan sebanyak 300 orang, tetapi untuk sementara waktu baru terkirim 24 tenaga kerja dan di akhir bulan April lalu sudah ada yang mendaftar lagi sebanyak 6 orang,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin pagi (2/5/2016).

Mengenai kerja sama dengan bank Jatim, dijelaskan jika Bank Jatim memang membantu mengenai pinjaman yang berkisar sampai Rp 60 juta per orang yang untuk pengembaliannya diambilkan dari gaji selama bekerja di Maluku Tenggara.

“Untuk syarat kelulusan minimal SLTA, usia maksimal 40 tahun, sebelum berangkat, mereka diberi pelatihan terlebih dahulu di Kabupaten Banyuwangi. Syarat yang paling utama adalah harus bisa berenang, karena tiap hari mereka bakalan ada di laut,” imbuhnya.

Sebelumnya, websiste resmi Disnakertransos Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah mengumumkan pendaftaran lowongan menjadi mitra kerja (tenaga kerja) di bidang budidaya rumput laut di Kepulauan Kei Maluku Tenggara pada 1 Februari 2016.

Proyek mendatangkan tenaga kerja dari Bojonegoro Jawa Timur didasarkat atas kerjasama PT Prisma dengan bank Jatim. Saat itu Prisma menawarkan peluang kerja budidaya rumput laut di Kei, Maluku Tenggara dengan gaji Rp 6 juta per bulan kepada masyarakat Bojonegoro, Jawa Timur. Menurut perwakilan manajemen PT Prisma Fahmi gaji Rp 6 juta per bulan tersebut, masih akan ditambah dengan uang makan, asuransi kesehatan dan perumahan. (baca: 1 Februari, Lowongan Kerja Gaji Pokok Rp 6 Juta di Kei Maluku Tenggara Dibuka)

Di hadapan Bupati Bojonegoro Suyoto, Jumat (22/1/2016), Fahmi menjelaskan jika di bandingkan dengan gaji yang diterima sebagai TKI, angka Rp 6 juta yang ditawarkan PT Prisma tentu lebih tinggi. Selain itu masih ada fasilitas lain yang didapat bagi. Yakni ongkos transportasi pulang-pergi ke kampung halaman ditanggung perusahaan. Total, setiap pekerja akan mendapat gaji di kisaran Rp 10 juta perbulan.

Untuk tahap awal, dibentuk 50 kelompok sebagai pilot project dengan perbandingan 2 pekerja lokal dari Maluku Tenggara dan 6 pekerja dari Jawa Timur. “Kedepannya, komposisi itu bisa berubah karena kami akan butuh 10-20 ribu pekerja di bidang budi daya rumput laut,” bebernya saat itu.

Setelah berita sosialisasi lowongan kerja yang dilakukan tim PT Prisma dilansir di media massa, salah satu pemrakarsa dari tim Prisma yakni Elya Muskita memberi klarifikasi. Dia menjelaskan peluang kerja yang melibatkan tenaga kerja dari Bojonegoro Jawa Timur tersebut merupakan Program Negeri Mandiri yang bekerjasama dengan Bank Jatim.

Dalam hal ini biaya tenaga kerja dari Bojonegoro tersebut, ditanggung Bank Jatim. Mereka akan mendapat gaji sesuai yang diumumkan tersebut. Sedangkan orang-orang Maluku Tenggara yang memiliki lahan, bertindak sebagai bos/pemilik usaha dengan pendapat sebulan berkisar Rp 11 juta sampai Rp 13 juta. “Jadi tenaga kerja yang datang dari Bojonegoro itu mereka yang bawa duit atas tanggungan Bank Jatim ke Kei, Maluku Tenggara,” jelas Elya.

Mengenai jumlah perbandingan tenaga kerja masyarakat setempat dengan tenaga kerja dari Bojonegoro yang lebih banyak, menurut Elya, karena posisi orang Kei, Maluku Tenggara adalah sebagai bos dari usaha tersebut. Nanti setelah kontrak berakhir, tenaga kerja dari Bojonegoro itu pulang ke daerahnya dan masyarakat Malra bisa meneruskan usaha budidaya rumput laut tersebut.(avp)

2 thoughts on “Gaji 6 Juta Sebulan, 24 Warga Bojonegoro sudah Mulai Kerja di Maluku Tenggara

  1. untuk pelatihannya, apa hanya di Banyuwangi aja? tidak di Ambon juga agar masyarakat Ambon juga bisa terlibat bekerja.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s