Tes Calon Praja IPDN 2016 dari Maluku akan Berlanjut di Ambon 11 – 12 Mei


satumaluku.com- Sebanyak 411 peserta tes calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dari Provinsi Maluku yang telah dinyatakan lolos tes administrasi, akan melanjutkan tahapan tes di Kota Ambon pada 11 – 12 Mei mendatang.

Laman resmi seleksi penerimaan clon praja (SPCP) IPDN Tahun 2016 menjelaskan, lokasi tes dilaksanakan di Ruang CAT BKD Provinsi Maluku, Jl. Kapitan Pattimura No. 1 Ambon. Kali ini materi tes yang harus dilalui adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan system Computer Assisted Test (CAT).

Menurut Badan Kepegeawaian Negara (BKN) Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

Seleksi CPNS sistem CAT dalam hal ini, suatu program komputer diciptakan khusus untuk kebutuhan seleksi CPNS. Soal-soal CPNS yang telah ditetapkan panitia yang berwenang dibuat dan kemudian soal-soal ujian CPNS tersebut disajikan dalam bentuk program komputer dan proses seleksi bisa dilakukan cukup melalui layar komputer dengan instruksi-instruksi khusus. Pelamar yang telah melalui prosedur khusus melaksanakan ujian CPNS pada komputer tersebut.

Soal seleksi dan kunci jawaban telah tersimpan dalam database komputer. Tes dilakukan melalui komputer dan penilaiannya di program otomatis. Nilai akan ditampilkan sesuai jumlah jawaban yang benar dalam soal seleksi model pilihan berganda (multiple choice) sehingga lebih objektif. Pada seleksi CPNS sistem CAT akan terdapat standar nilai yang harus dicapai peserta ujian agar bisa dikatakan lulus.

Sebelumnya, sebanyak 411 peserta seleksi administrasi calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri dari Provinsi Maluku dinyatakan lolos tes administrasi.

Pengumuman lolosnya ke-114 peserta seleksi calon praja IPDN dari Provinsi Maluku itu diumumkan sesuai jadwal yang telah dtetapkan yakni pada Rabu 27 April 2016.

Dari hasil pengumuman, terlihat mereka yang lolos tes administrasi masih didominasi peserta dari Kota Ambon yakni 225 orang. Selanjutnya, Kabupaten Maluku Tengah 60 peserta, Kabupaten Pulau Buru 31, Maluku Tenggara Barat 25, Seram Bagian Barat 24, Maluku Barat Daya 12, Maluku Tenggara 11, Kota Tual 10, Seram Bagian Timur 7 dan Buru Selatan 6 peserta.

Pembantu Rektor III IPDN, Hyronimus Rowa di Ambon, Kamis (21/4/2016) lalu mengatakan Provinsi Maluku dijatahi 20 Praja dalam seleksi IPDN tahun 2016. Adapun total praja IPDN yang akan direkrut pada tahun ini sebanyak 900 orang.

Agar lebih jelas, mengenai waktu tes dan sesi yang akan diikuti para calon praja, maka bisa melihat langsung pada laman resmi SPCP IPDN Tahun 2016 ini. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s