Latuhalat, Negeri Percontohan Pola Hidup Bersih dan Sehat di Ambon


satumaluku.com- Pemerintah Kota Ambon mencanangkan Negeri Latuhalat Kecamatan Nusaniwe sebagai kawasan percontohan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Penerapan PHBS di Kota Ambon mulai diterapkan walaupun sebagian masyarakat ada yang belum menerapkan tahap awal dengan mencanangkan Negeri Latuhalat Kecamatan Nusaniwe, sebagai desa percontohan PHBS,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ambon, Debby Louhenapessy, Selasa, dilansir Antara Ambon.

Menurut dia, Negeri Latuhalat merupakan salah satu tujuan wisatawan karena di kawasan tersebut terdapat objek wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Sebagai kawasan yang menjadi tujuan wisatawan, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan perilaku hidup sehat.

“Menciptakan hidup sehat sangat mudah dan murah karena PHBS sendiri merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sendiri,” katanya.

Debby mengatakan, penerapan PHBS diawali dari rumah tangga sebagai upaya pemberdayaan anggota rumah tangga agar paham dan mampu melaksanakan PHBS dengan kesadaran penuh.

Manfaat PHBS untuk keluarga yaitu kesehatan, anak dapat tumbuh cerdas, giat bekerja, fokus pengeluaran pada gizi, pendidikan dan modal usaha.

“Sedangkan untuk masyarakat, manfaat PHBS adalah mampu mengupayakan lingkungan sehat, mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan,” katanya.

Ia mengakui, derajat kesehatan masyarakat ditentukan faktor lingkungan dan perilaku. Jika lingkungan tidak bersih maka dapat dipastikan derajat kesehatan kurang baik.

“Tetapi sebaliknya jika perilaku masyarakat baik tetapi lingkungan tidak bersih, dapat ditanggulangi sehingga tidak menimbulkan berbagai macam jenis penyakit,” katanya.

Ia menambahkan, peran aparatur desa juga sangat penting untuk meningkatkan PHBS. Petugas kelurahan atau desa diharapkan melakukan pendataan PHBS setiap rumah tangga.

“Upaya ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat agar memiliki Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta memberikan wacana kepada masyarakat tentang dunia kesehatan dan bahaya dari tidak diterapkannya PHBS,” kata Debby Louhenapessy.

Dalam pencanangan Latuhalat sebagai desa PHBS juga dilakukan pelantikan 72 dasawisma yang tersebar di desa tersebut.

Dasawisma yang dilantik diharapkan dapat memotivasi diri sendiri maupun masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat demi pencapaian kualitas hidup yang lebih baik. (ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s