Permohonan Praperadilan Pedro Tentua Ditolak, Pihak Rolobessy Yakin Menang


satumaluku.com- Permohonan praperadilan yang dilakukan tersangka kasus penggelembungan dana pembelian lahan dan kentor PT Bank Maluku-Malut Cabang Surabaya, Pedro Tentua terhadap Kejaksaan Tinggi Maluku, ditolak hakim Pengadilan Negeri Ambon, Selasa (10/5/2016).

“Termohon juga telah berhasil membuktikan tanggapannya, sedangkan pihak pemohon tidak berhasil membuktikan dalil permohonan mereka sehingga permohonan pemohon sepanjang dalil ditetapkan dirinya sebagai tersangka ditolak seluruhnya,” kata hakim tunggal PN setempat, Mathius di Ambon, Selasa.

Pemohon lewat tim penasihat hukum Moritz Latumeten, La Hane serta La Ode Abdul Mukti dalam dalil permohonannya mempermasalahkan penetapan Petro sebagai tersangka tanpa didukung alat bukti permulaan yang cukup sesuai pasal 183 dan 194 KUHAP serta belum memeriksa saksi-saksi yang terkait termasuk pemohon sendiri.

Petro Tentua yang merupakan mantan Kepala Divisi Rentra dan Korsek PT BM-Malut ditetapkan sebagai tersangka bersama mantan direktur umum BUMD milik pemprov berdasarkan surat Kajati Maluku nomor B417/s.1/SB.1/03/2016 tanggal 29 Maret 2016.

Dalam amar putusannya, hakim tunggal menimbang bahwa pengertian dari dalil pemohon tentang ditetapkan dirinya sebagai tersangka oleh termohon secara limitatif tidak diatur dalam pasal 77 UU nomor 8 tahun 1981 tentang KUHAP, juncto pasal 1 angka 10 UU tersebut tentang praperadilan.

Tetapi diatur melalui putusan Mahkamah Konstitusi nomor 21/PUU-XII.2014 tanggal 25 April 2015 yang telah memperluas kewenangan mengajukan objek praperadilan ke pengadilan yang meliputi pengajuan tentang sah tidaknya penetapan tersangka, penangkapan serta penahanan.

Hakim juga menyatakan pokok pendapat saksi ahli Prof Simon Nirahua yang dihadirkan pemohon dalam persidangan adalah kewenangan melakukan penyidikan terhadap kasus pemohon, bukan masalah dalil permohonan yang diajukan pemohon yang ditetapkan sebagai tersangka tanpa didukung bukti permulaan yang cukup.

Kasi Penkum dan Humas, Samy Sapulette menilai putusan hakim sudah objektif, karena penetapan tersangka sudah sesuai prosedur yang diatur dalam KUHAP.

“Saya pikir hakim objektif. Dimana penetapan tersangka terhadap pemohon sudah dilakukan sesuai dengan prosedur didukung alat bukti cukup dan sudah dilakukan berdasarkan KUHAP. Jadi saya kira hakim objektif memutuskan perkara ini,” tandas Sapulette.

Sedangkan Morits Latumeten, kuasa hukum Petro Tentua yang dikonfirmasi soal putusan hakim, mengatakan, menghormati keputusan hakim.

“Perkara ini jalan silahkan saja. Sama-sama penegakan hukum, kan ada pokok perkara yang berjalan akan dilanjutkan. Soal menang kalah tidak masalah. Kita hormati, karena kita mendukung jaksa sehingga kita lakukan praperadilan,” kata Latumeten.

Sementara itu, kuasa hukum Dirut PT Bank Maluku Malut, Idris Rolobessy yang juga mengajukan permohonan praperadilan atas penetapannya sebagai tersangka dalam kasus yang sama dengan Pedro Tentua tetap yakin akan memenangkan perkara tersebut.

“Terkait dengan putusan oleh hakim untuk Tentua kami dari kuasa hukum Idris Rolobessy tetap lanjut dan kami yakin masih ada hal-hal yang harus dipertimbangkan. Kita dari kuasa hukum akan kaji. Kita yakin 100 persen menang,” kata Munir Kairoty, kuasa hukum Idris Rolobessy. (ald/ant)

One thought on “Permohonan Praperadilan Pedro Tentua Ditolak, Pihak Rolobessy Yakin Menang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s