Kuota 65 Beasiswa S1,S2 dan S3 dari Pemprov Maluku Masih Tersedia


satumaluku.com- Tawaran beasiswa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku masih tersedia. Kuota 65 orang penerima beasiswa untuk pendidikan strata satu (S1), strata dua (S2) dan strata tiga (S3) belum juga terpenuhi karena banyak yang terkendala syarat administrasi.

“Sejak 23 Maret 2016 yang lalu pembukaan pendaftaran hanya sedikit orang saja. Bukan kurang sosialisasi akan tetapi masalah persyaratannya,” ungkap Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Habiba Saimima kepada wartawan di ruang kerjanya Rabu (11/5/2016).

Persyaratan yang menyulitkan itu, salah satunya terkait dengan basic ilmu yang tidak sesuai dengan jurusan atau bidang ilmu yang ditawarkan oleh pemerintah. Pemprov menyediakan beasiswa untuk bidang studi pariwisata, geologi, pertambangan, perminyakan, transportasi, kelautan dan perikanan serta kedokteran. Tetapi yang mendaftar kebanyakan dari bidang sosial, politik dan keguruan, padahal yang dimintakan oleh .

“Memang banyak yang mendaftar, tetapi basic ilmunya tidak sesuai dengan yang diusulkan oleh pemerintah provinsi,” ujar Saimima.

Sejak dibuka pendaftaran, sampai sekarang baru 10 orang yang terdaftar untuk program S2 dan S3. Sementara kuota yang diberikan Pemprov Maluku sebanyak 65 orang. Jumlah tersebut untuk program S1 sebanyak 20 orang, S2 sebanyak 25 orang dan S3 sebanyak 20 orang.

Dijelaskan, khusus untuk penerimaan beasiswa S1, siswa diharapkan langsung mendaftarkan diri ke perguruaan tinggi yang sudah ditentukan oleh pemerintah, yakni Universitas Pattimura dan Universitas Pajajaran Bandung.

Kabag Humas Setda Maluku, Bobby Palapia, kepada wartawan juga menambahkan bagi mereka yang ingin mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini, harus yang berstatus tidak mampu. Paling utama yang bersangkutan harus mau dan rela untuk mengabdi bagi Pemprov Maluku yang ditandai dengan penandatanganan kontrak.

Beasiswa yang diberikan oleh pemprov ini, sangat mengikat para calon penerima, karena mereka dilarang sama sekali menerima bantuan dalam bentuk apapun dari pihak yang lainnya seperti beasiswa. (ald)

5 thoughts on “Kuota 65 Beasiswa S1,S2 dan S3 dari Pemprov Maluku Masih Tersedia

  1. Yth,
    Kabag Humas Setda Maluku, Bpk. Bobby Palapia
    Saya mau bertanya, apakah Pemerintah Provinsi Maluku bisa memberikan program S2 dan S3, pagi Pegawai Negeri Sipil Vertikal Bukan Pegawai Negeri Sipil Daerah,…mengingat kami adlah asli putra/putri maluku, karena ketidak berdayaan sehingga tidak dapat melanjutkan program S2 dan S3.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s