Diduga Korupsi Dana Desa, Raja Negeri Undur di SBT Ditahan Jaksa


Ambon- Saiful Gazat, Raja Negeri Undur di Kabupaten Seram Bagian Timur, ditahan penyidik kejaksaan karena diduga melakukan tindak pidana korupsi Dana Desa tahun 2015.

Penahanan dilakukan pada Kamis (19/5/2016) di Rutan Kelas II A Ambon. Dilansir Siwalima, sebelum ditahan tersangka menjalani pemeriksaan selama satu jam yang didampingi penasehat hukumnya, Thomas Wattimury.

Kepala Cabang Kejari Masohi di Geser, YE Almahdaly mengatakan, penahanan terhadap Saiful Gazat sudah sesuai dengan aturan dan mekanisme undang-undang.

Saiful bersama enam tersangka lainnya menyalahgunaan bantuan dana desa yang bersumber dari APBN tahun 2015 dengan nilai bervariasi dari Rp250 juta hingga Rp300 juta.

Almahdaly menyebutkan enam tersangka lainnya yakni, Kepala Desa Rarat, Kecamatan Gorom Timur berinisial IGK, Kepada Desa Kilwaru, Kecamatan Seram Timur MS, Kepala Desa Afankota, Kecamatan Gorom Timur MAK dan Kepala Desa Kian Darat, Kecamatan Kian Darat ARW, pendamping Desa Kilwaru TK dan Bendahara Desa Afankota berinisial SK.

“Dari tujuh tersangka baru satu tersangka ini, SG yang kita tahan, kita akan panggil berturut-turut nantinya. Ada yang sudah kita panggil dua kali namun mangkir dan karena itu kita akan panggil paksa,” tegas Ahmadaly.

Ahmadaly menjelaskan, bantuan ADD yang bersumber dari APBN tahun 2015 masing-masing desa bervariasi, antara Rp250 juta hingga Rp300 juta. Namun setelah dicairkan 100 persen, tidak digunakan sesuai peruntukannya.

“Jadi bantuan ini tahun 2015 ke desa-desa di SBT, namun setelah uang cair 100 persen ternyata pekerjaan tidak sesuai. Ada yang mark up, ada juga yang fiktif. Secara detailnya akan kita rincikan dalam persidangan nantinya. Tetapi intinya masing-masing desa itu kerugian sebesar Rp 100 juta rupiah lebih,” beber Almahdaly.  (siwalima/S-19)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s