Calon Independen di Ambon Butuh Minimal 22.000-an Dukungan


Ambon- Calon independen atau perseorangan yang ingin maju sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota di pemilihan kepala daerah Kota Ambon tahun 2017, minimal harus memenuhi syarat dukungan minimal 22.000-an tandatangan.

Ketua KPU Kota Ambon Martinus Kainama, di Ambon Senin menyatakan, penetapan jumlah minimal syarat dukungan bakal calon perseorangan sesuai surat keputusan nomor 02/KPTS/KPU-KOTA AMBON-029.433702/2016.

Ia mengatakan, penetapan tersebut berdasarkan pleno KPU kota Ambon pada 20 Mei 2016 guna menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) calon perseorangan.

“Dalam pleno kami telah menetapkan DPT sebanyak 265.747 pemilih, sesuai ketentuan yang diatur dalam putusan Mahkamah Konstitusi nomor 60/PUU-XIII/2015,” ujarnya dilansir Antara.

Menurut Martinus, presentasi dukungan syarat bakal calon perseorangan juga harus didukung 8,5 persen jumlah pemilih.

Presentasi dukungan disesuaikan ketentuan yang berlaku dan dapat mengalami perbaikan jikaa terjadi perubhan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Presentasi dukungan berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi tidak lagi mengacu pada jumlah penduduk tetapi pemilih yakni sebesar 8,5 persen,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, jumlah syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan tersebar lebih dari 50 persen kecamatan di Ambon.

“Persebaran bentuk dukungannya adalah 50 persen dari total jumlah kecamatan , karena di Ambon ada lima kcmatan maka paling minimal penyebaran dukungan ada di tiga kecamatan,” tandasnya.

Dijelaskannya, penyerahan syarat dukungan calon perseorangan dilaksanakan pada 6 -10 Agustus 2016.

Tahapan selanjutnya setelah penyerahan syarat dukungan dilanjutkan dengan penelitian jumlah minimal dukungan dan sebaran, analisis dukungan ganda.

“Selanjutnya dilakukan penelitian administrasi dan faktual di tingkat desa dan kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota dan tingkat provinsi,” kata Martinus. (*/ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s