Masyarakat Kota Ambon Antre Beli Telur Ayam


Ambon- Masyarakat Kota Ambon terpaksa harus antre panjang untuk dapat membeli telur ayam ras di lokasi pasar murah yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Maluku menjelang puasa Ramadhan.

Pantauan Antara di lokasi pasar murah di pelataran Lapangan Merdeka Ambon, Rabu, terlihat ratusan warga yang sebagian besar kaum ibu antre hingga enam barisan guna mendapat giliran membeli telur ayam ras dan gula pasir untuk keperluan di bulan puasa.

Rosmina (45), warga Galunggung, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, ketika ditemui saat keluar dari kerumunan banyak orang dengan membawa dua rak telur ayam mengatakan cukup sulit untuk mendapatkan kesempatan membeli telur ayam ras.

“Sejak pukul 08.00 WIT saya sudah antre di sini guna mendapatkan kupon untuk membeli telur ayam ras dan juga kupon guna membeli gula pasir, dengan harapan hari ini harus dapat membeli sebab kemarin tidak dapat membeli sebab sudah habis,” ujarnya.

Ini kesempatan warga Kota Ambon, lanjutnya, guna membeli telur ayam dengan harga yang murah yakni Rp1.000/butir jika dibandingkan dengan harga yang di pasar tradisional yang hari ini sudah naik dari Rp1.500 menjadi Rp1.600/butir.

“Apalagi pasar murah yang dibuka sejak hari Selasa (31/5) hanya selama tiga hari saja, jadi kalau tidak dapat membeli hari ini besok lagi sudah semakin sulit,” katanya.

Seorang pejabat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Effendy yang juga koordinator pelaksanaan pasar murah mengakui terjadi antrean panjang sejak hari kemarin hingga hari ini karena masyarakat ingin membeli gula pasir dan telur ayam yang memang di pasar tradisional sekarang ini cukup mahal.

“Kami hanya menyediakan 400 lembar kupon untuk membeli gula pasir dengan catatan masyarakat hanya bisa membeli dua sampai lima kilogram saja dengan harga Rp1.400/kg, sedangkan kupon untuk telur ayam ras diwajibkan membeli hanya dua rak saja (60 butir),” ujarnya.

Ia mengau cukup sulit untuk mengontrol pembeli, lanjutnya, sebab yang belum memiliki kupon juga berdesakan dengan harapan bisa dapat membeli.

Dia menambahkan, untuk gula pasir panitia menyiapkan sebanyak dua ton, sedangkan telur ayam panitia menyediakan sebanyak 600 ikat.

Pengamatan Antara, selain telur dan gula pasir, pasar murah itu juga menyediakan mentega Blue Band dengan harga 5.000/sachet, tepung terigu Kompas Rp7.500/kg, minyak goreng Bimoli Rp11.000/liter), susu cap Nona Rp8.500/kaleng, dan beras operasi pasar Bulog Maluku asal Thailand Rp47.000/sak (5 kg). (ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s