Sibu Sibu, Tempat Pas Melepas Penat di Kota Ambon


satumaluku.com- Anda kesulitan mencari warung kopi khas yang asyik buat nongkrong di Ambon setelah sholat taraweh? Berarti Anda harus datang ke salah satu coffee shop yang terletak di dekat kawasan “Pangkalan Taksi”, jalan Said Perintah ini.

Lokasinya terletak sekitar 200 meter dari Tugu Trikora. Begitu berada di jalan tersebut, akan nampak bangunan yang luasnya sekitar 10 x 8 meter. Bentuk depannya bergaya tradisional khas Maluku.

Begitu masuk ke dalam, mata kita disambut dengan jejeran poster berbagai ukuran yang terpampang di dinding. Sekitar 70 buah poster yang terpampang itu, ternyata adalah poster sosok orang-orang keturunan Maluku, yang “mempunyai nama” di bidang seni, budaya, dan olahraga.

Selain poster, pada beberapa pilar rumah kopi yang dikenal juga dengan sebutan Walang Sibu Sibu ini, ada sejumlah ornamen-ornamen khas Maluku dilukis di situ.
Suasana khas Maluku semakin terasa dengan mengalunnya sejumlah musik dan lagu Maluku, sebagai pengisi suasana di situ.

Jangan heran banyak pengunjung wisatawan yang datang ke situ (paling banyak wisatawan keturunan Maluku asal Belanda), datang hanya untuk melepas penat sambil menikmati musik dan lagu-lagu Maluku. Bisa dibilang, hal inilah yang membuat rumah kopi satu ini, menjadi unik dan berbeda dengan rumah kopi lainnya yang berada di Ambon. Tidak salah moto: hail buang lansyik alias tempat melepas letih/penat.

Ada tiga bagian dalam coffee shop sederhana ini. Ruang depan dengan dua meja dan beberapa buah kursi yang nyaman, memungkinkan kita duduk dengan view ke arah jalan. Bagian samping kiri yang lebih privat, dengan beberapa sofa, tersembunyi persis di pojok belakang tempat menjual sovenir atau oleh-oleh. Lalu bagian utama yang lebih luas dengan sejumlah meja dan beberapa kursi yang mengelilinginya.

Suasana coffee shop yang nyaman ini, bisa dibilang selalu ramai. Para pengujungnya yang datang ke situ bermacam-macam latar belakang. Mulai dari mahasiswa, pegawai swasta, PNS, jurnalis, tokoh politik, wisatawan bahkan rohaniawan, sering nongkrong di situ.

Karena itu, walang Sibu Sibu bukan saja menjadi tempat duduk ngobrol menghabiskan waktu, tapi juga tempat bertemu klien atau mitra bisnis, bahkan tempat acara diskusi dan launching produk. Ada yang sekadar datang untuk bernostalgia dengan mendengarkan lagu-lagu Ambon tempoe doloe, atau malah ada yang live performance seperti dilakukan saxafonis ternama asal Maluku Nicky Manuputty saat mempromosikan albumnya. Atau biduanita keturunan Maluku asal Belanda, Monika Akihary, yang didaulat menyanyikan dua lagu saat datang ke Sibu Sibu.

Tercatat sejumlah pesohor tanah air pernah menikmati suasana Sibu Sibu. Bahkan pesepakbola legendaris asal Belanda, Ruud Gullit, menyempatkan mampir di rumah kopi ini dalam lawatannya ke Ambon September 2015 lalu.

Bicara soal musik, maka musik yang disajikan di Sibu Sibu berbeda dengan rumah kopi lainnya di Ambon Di sini, kita bisa mendengar berbagai macam musik karya anak Maluku. Mulai dari lagu hawaian, keroncong jaman dulu, sampai lagu hip hop dengan lirik-lirik berbahasa Ambon.

Kopi Rarobang plus Talam Sagu

Setelah bicara soal musik mari kita coba tengok menu yang ditawarkan di Sibu Sibu. Sudah pasti, penganan yang disajikan di sini sebagian besar merupakan khas Maluku. Sebut saja kue koyabu, nasi pulu unti, bubur ne, gogos atau yang menjadi favorite di sini, kue talam sagu atau sering disebut juga dengan nama bubur sagu.

Khusus mengenai kue talam sagu, yang berbahan dasar sagu ini, sekilas terlihat seperti agar-agar. Dibuat dari sagu yang dihaluskan, dicampur dengan santan dan gula merah, kayu manis serta tambahan gula putih. Rasanya pasti membuat ketagihan untuk setiap kali ingin menyantapnya.

Sedangkan teman yang pas untuk aneka kue tadi, yaitu kopi Rarobang. Kopi khas Sibu Sibu ini diseduh dengan jahe dan ditaburi kenari. Bagi para pecinta kopi, pasti tidak akan menyesal menikmati menu satu ini. Kisaran harga minuman di Sibu-sibu mulai dari Rp. 5000 – Rp. 15.000, sedangkan untuk kue mulai dari harga Rp.2.500 hingga Rp. 3000/ buah.

Saat hendak beranjak pulang, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Maluku yang dijual di Sibu Sibu, untuk diberikan ke kenalan, keluarga maupun sang pacar. Mulai dari t-shirt, postcard, CD-CD penyanyi kenamaan asal Maluku, atau aneka souvenir khas Maluku lainnya.

Nah buat yang akan ke Ambon, jangan lupa mampir ke walang Sibu Sibu. Sebab bukan hanya Anda, hampir semua artis kenamaan Indonesia, saat berada di Ambon, pasti pernah mampir di sini.

Jadi setelah mengunjungi sejumlah obyek wisata di Pulau Ambon, seperti pantai Natsepa, pantai Liang, pantai Namalatu, atau pantai Pintu Kota, Sibu Sibu adalah tempat yang pas untuk melepas penat. Selamat menikmati. Lucky have those sweet escape venue with good drink, snack, and great view. Let’s enjoy. (tiara m.a. salampessy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s