Harapan Beta untuk Mengatakan tentang Semangat Perubahan Menuju Maluku Baru


satumaluku.com- BETA MALUKU, KETURUNAN ALIFURU akan pulang ke Maluku untuk berbicara tentang Harapan setiap Laki-laki, Parampuang, Anak-anak, Tete-tete, Nene-nene, Wate, Uwa, Jujaro dan Mongare Maluku.

BETA AKAN BERDIRI di BUMI NUNUSAKU untuk berbicara tentang jalan panjang dan sulit Rakyat Maluku menuju perubahan walaupun harus melalui VIODOLOROSA untuk memperbaharui Maluku tanah tumpah dara katong samua.

BETA BERDIRI DI BUMI RAJA-RAJA untuk berbicara tentang sumpah yang diangkat oleh para Datuk-datuk di Bumi Nunusaku yang kemudian diwariskan dari orang tua turun-temurun ke anak di sepanjang segala abad, untuk MENJAGA dan MEMBANGUN NEGERI bersama sama tanpa memandang perbedaan yang diwujudkan dalam SEMANGAT PERSAUDARAAN PELA-GANDONG.

BETA akan BERDIRI di BUMI MALUKU untuk meluruskan yang bengkok, untuk membuka kedok atau topeng kebohongan, untuk mengakhiri kepura-puraan, untuk mengakhiri fitnah oleh orang-orang atau mereka yang tidak ingin melihat MALUKU MAJU, MALUKU BARU, MALUKU HEBAT, MALUKU MANDIRI dan. MALUKU SEJAHTERA, walaupun beta harus berhadapan dengan KEBENCIAN, CACI MAKI, bahkan SUMAPAHAN, dan itulah HARGA MAHAL yang harus beta bayar, untuk SEBUAH PERUBAHAN MENYELURUH di MALUKU.

Mereka sudah mengkobarkan rasa curiga, kebencian, dendam, bahkan sampai katong samua pernah terperangkap dalam sisi gelap dan kelam dimana hubungan PELA-GANDONG, TATANAN ADAT BUDAYA dan TAMPA SIRI PINANG dirusakan dan terkoyak-koyak. Tetapi syukur kepada TUHAN yang memiliki langit dan bumi bahwa semuanya itu SUDAH BERLALU, dan kebodohan katong samua seperti itu harus dikuburkan. Mari bangkitkan rasa dan semangat KEMALUKUAN SEJATI, untuk membangun MALUKU BARU bersama sama.

Jauh di dalam hati, beta yakin dan percaya bahwa Maluku dapat diperbaharui, dapat berdiri setara dengan Provinsi lainnya di Indonesia melalui BUAH PIKIR, PERKATAAN Dan TINDAKAN NYATA, KONSISTEN, dan TERUKUR, baik kuantitas maupun kualitasnya.. Kadang-kadang beta sedih dan meratap bila melihat kondisi basudara semua yang mendiami pulau pulau besar dan kecil di seluruh Maluku yang hidup dalam KETERASINGAN di tengah-tengah apa yang dimiliki dan yang dilakukannya, dimana seolah olah Maluku ini dicerai beraikan oleh lautan nan luas, dan seolah olah KENDALA GEOGRAFIS itu SUDAH TIDAK BISA DITAKLUKAN LAGI.

Harapan beta untuk MALUKU BARU tidak akan pernash hilang, tidak akan surut hanya karena kendala, rintangan, kekurangan dan keterbatasan. Bahkan semua basudara harus akui dengan sejujur-jujurnya dan berkomitmen bahwa MALUKU HARUS BERUBAH dalam sebuah KEMANDIRIAN dan KEMAPAMAN. Harapan ini tidak akan hilang, karena beta melihat dari raut wajah papa-papa, mama-mama, wate dan uwa di seluruh Maluku yang rindu bahkan siang dan malam mereka panjatkan doa untuk memajukan anak-anak KETURUNAN ALIFURU agar memiliki HIDUP dan PENGHIDUPAN yang lebih baik dari orang TUA nya saat ini.

Kedepan ini adalah hari-hari yang sulit di depan katorang samua. Banyak dari anak-anak kita mungkin harus berjuang di kampus perguruan tinggi, sementara yang lainnya berjuang di jalur pemerintahan, swasta bahkan sampai pada nelayan dan petani sekalipun harus bekerja keras, DENGAN SEMANGAT atau EOTS KERJA YANG KUAT, TANPA mengenal lelah, TANPA menghitung-hitung banyaknya air mata dan keringat yang terkucur, agar Sumber DAYA Ekonomi Maluku (SDM dan SDA) dapat katorang kelola dengan BAIK dan BENAR, sekali lagi beta tekankan, harus dikelola dengan BAIK dan BENAR.

Tuhan melihat dari KETINGGIAN TAHTANYA, dan TUHAN tidak akan pernah membiarkan kita terus berada dalam LINGKARAN KEMISKINAN, KETERPURUKAN, KEBODOHAN dan KETERBELAKANGAN. Beta mau bilang kepada basudara semua akan hal ini, karena KEBENARAN sudah tidak bisa lagi ditekan, KEBENARAN dan KEADILAN Harus kita wujudkan bersama sama TANPA KECUALI, karena KEADILAN AKAN MENGGULUNG ke BAWAH SEPERTI AIR dan KEBENARAN SEPERTI SUNGAI yang TERUS MENGALIR.

Lakukanlah apa yang adil dan benar, lakukanlah semuanya itu sesuai dengan Katorang pung Jati Diri, katorang pung Adat Istiadat dan budaya Maluku yang sejati. Katong lakukan melalui tata krama yang santun dan etis. Rakyat Maluku harus belajar untuk RENDAH hati Karena orang yang rendah hati akan memiliki bumi. Tinggalkan KEBIASAAN-KEBIASAAN BURUK yang selama ini kita biarkan, kita diamkan. Siapa yang MEMILIKI HAK hendaklah diberikan HAKNYA, dan siapa yang MEMILIKI KEWAJIBAN hendaklah ia menunaikan KEWAJIBANNYA.

PENULIS: JULIUS R. LATUMAERISSA
Putra Maluku Keturunan Alifiru

3 thoughts on “Harapan Beta untuk Mengatakan tentang Semangat Perubahan Menuju Maluku Baru

  1. konsep sdh bagus Om. hanya perlu pendekatan lebih lagi kepada tua2 disetiap daerah utk membentuk satu kesatuan padangan tentang hal ini secara detail dan dalam menjalankannya berjalanan sesuai rencana: saya melihat infrastruktur di maluku kurang baik. perbankan tdk merata krn masyarakat blm sadar pentingnya menabung. adat disetiap negeri sudh banyak berubah krn belanda. seterusnya perda bertentangan dgn keinginan rakyat utk menangjat Raja diluar dari keturunan Raja yg sdh tdk mampu memimpin. Koropsi yg luar bisa terjadi di kota. kecamatan dan desa. ini perlu dibenahi utk membuat perubahaan di maluku baru. terima kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s