Ambon Diguyur Hujan, Sejumlah Lokasi Terendam Banjir


satumaluku.com- Hujan yang mengguyur kota Ambon menyebabkan sejumlah kawasan terendam banjir hingga paha orang dewasa. Bahkan aliran air di sejumlah sungai, terlihat meluap.

Pantauan Antara di Ambon, Sabtu, ruas jalan raya utama di kawasan A.Y Patty tidak bisa dilalui kendaraan bermotor karena genangan air yang menutup badan jalan dan sejumlah warga di Negeri Batumerah, Kecamatan Sirimau sempat mengemasi barang-barangnya karena luapan air sungai.

Seorang warga Mardika bersama anaknya yang sedang berupaya memberishkan saluran drainase yang tersumbat sempat tejatuh dan hanyut terserat arus air selama beberapa meter sebelum akhirnya diselamatkan warga.

“Warga yang terseret itu diketahui bermarga Corputy dan saat ini dan awalnya dievakuasi ke Rumah Sakit dr, Latumeten kemudian dirujuk ke RSUD Haulussy Ambon, karena beton yang dipijakinya retak dan tiba-tiba terjatuh” ujar warga Batumerah, Ramly.

Rendaman air banjir juga terjadi di kawasan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Passo, kecamatan Baguala dan sekitarnya.

Seorang warga bernama Jefry mengaku terjebak kemacetan panjang ketika keluar rumah dari Passo menuju Kota Ambon untuk mengikuti rapat orang tua murid di SMA Negeri II Ambon.

“Saya berangkat pukul 08.00 WIT dan terjebak kemaceran serta banjir di Passo, kemudian tidak bisa melewati jembatan Batumerah-Mardika karena banjir besar sehingga tiba SMA Negeri II Ambon sekitar pukul 13.00 WIT, dan rapatnya sudah selesai,” akui Jefry.

Hujan lebat juga menyebabkan longsoran ranah di kawasan Batugajah, Kecamatan Sirimau tetapi tidak menimbulkan kerusakan bangunan atau pun korban jiwa.

Hujan yang mengguyur Kota Ambon sejak Sabtu pagi hingga siang menghambat aktivitas penerbangan di bandara internasional Pattimura di Laha.

Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Maluku, Jhon Rante, dikonfirmasi, Sabtu, memastikan pesawat tidak mungkin melakukan olah gerak saat kondisi cuaca ekstrem.

Informas yang dihimpun, akibat cuaca buruk dan hujan lebat yang terjadi di Ambon, sejumlah penerbangan dari dan menuju bandara Pattimura terpaksa dihentikan untuk sementara waktu.

“Pesawat yang akan kami tumpangi belum tiba disini karena belum bisa mendarat,”kata Waty salah satu calon penumpang.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Ambon, bencana tanah longsor terjadi di sejumlah titik, seperti di Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe kawasan Bere-Bere, Amahusu, Batu Gaja, hingga sejumlah titik di Kecamatan Sirimau.

“Ada sejumlah titik longsor yang terjadi di Ambon, seperti yang terjadi di Kudamati, Bere-Bere, Batu Gaja, Amahusu, dan sejumlah titik lainnya di Kecamatan Sirimau,” kata Kepala BPBD Kota Ambon Enrico Matitaputty kepada Kompas.com.

Selain di sejumlah kawasan tersebut, tanah longsor terjadi di Kecamatan Leitimur Selatan. Longsoran terjadi tepat di kawasan hutan menuju Desa Leihari.

Material longsoran langsung menutup badan jalan sehingga akses menuju sejumlah desa di kawasan penggunungan Ambon itu tidak bisa dilewati kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Dari lima kecamatan yang terendam banjir di Ambon, kondisi parah terjadi di Kecamatan Sirimau, Kecamatan Nusaniwe dan Kecamatan Baguala. Di tiga kecamatan ini banjir telah masuk ke rumah-rumah warga.

Menurut Enrico, kawasan terparah yang terkena banjir sejauh ini adalah Kelurahan Talake, kelurahan Waihoka, Kelurahan Karang Panjang, Batu Merah dan sejumlah kawasan lainnya.

“Kami masih turun ke lapangan untuk memantau musibah ini. Yang jelas semua kecamatan terendam banjir,” ujarnya.

Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa dan kerugian yang diderita dalam musibah tersebut.

Selain banjir, sejumlah kawasan juga tertinbun longsor. ”Ada beberapa titik longsor juga, seperti di Batu Gajah, Kuda Mati, Bere-Bere, Amahusu dan di kawasan IAIN,” jelasnya. (ald/ant/kps)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s