3 Kapal Feri dan Dermaga Dihibahkan ke MBD, Buru Selatan dan Seram Bagian Timur


Ambon- Tiga kapal motor penyeberangan (KMP) atau kapal feri diserahkan oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada Pemerintah Provinsi Maluku. Selanjutnya, ketiga kapal feri tersebut dihibahkan kepada tiga kabupaten di Maluku yakni Maluku Barat Daya (MBD), Buru Selatan dan Seram Bagian Timur (SBT).

Penyerahan tiga unit kapal dilakukan Kadis Perhubungan Maluku, Benny Gaspersz diterima Asisten Pemerintah Setda Angelius Renjaan dan disaksikan Satker Perhubungan Darat Wilayah Maluku Kemenhub, James Mahulette.

Tiga unit armada dengan bobot masing-masing 500 GT itu adalah KMP Marsela yang dibangun pada 2010 senilai Rp28,16 miliar, KMP Tanjung Kabat dan KMP Bobot Masiwang yang dibangun pada 2012, masing – masing senilai Rp28,26 miliar.

KMP Marsela dihibahkan kepada Pemkab Maluku Barat Daya (MBD) dan dioperasikan PT. Kalwedo dengan trayek perintis Ambon – Damer – Kisar – Leti – Moa – Lakor – Sermatang – Tepa – Letwurung – Dawelor – Marsela.

KMP Tanjung kabat dihibahkan kepada Pemkab Buru Selatan dan dioperasikan PD. Bipolo Gidin melayani trayek perintis Galala – Ambalauw – Wamsisi – Namrole – Leksula – Tifu – Nanali.

KMP Bobot Masiwang dihibahkan kepada Pemkab Seram Bagian Timur (SBT) dan dioperasikan PD. Mitra Karya melayani lintas penyeberangan perintis Ambon – Bula – Airnanang – Geser – Gorom – Kesui.

Benny mengemukakan, Kemenhub juga menyerahkan operasional hasil pekerjaan di lingkup Kemenhub tahun anggaran 2015 yakni dermaga penyeberangan Gorom tahap II dan III, Toyando tahap V, Lamerang tahap VI,Wunlah tahap II dan III, Amahai tahap V, Airnanang tahap VII, Teor tahap II dan III, Kesui tahap II dan III serta jazirah Salahutu tahap V.

“Anggaran pembangunan sembilan dermaga penyeberangan ini senilai Rp237,12 miliar bersumber dari APBN dan APBN – P Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub,” ujarnya, dilansir Antara.

Dia mengharapkan penyerahan armada maupun dermaga penyeberangan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya di kabupaten Maluku Tengah, SBT, Kepulauan Aru, kota Tual, MTB serta Maluku secara umum.

“Ketersediaan sarana dan prasarana transportasi yang memadai merupakan hak mutlak bagi masyarakat pengguna dalam melakukan mobilitas maupun aktivitas setiap hari,” kata Benny.

Dia mengakui, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub pada tahun anggaran 2017 sudah menyiapkan anggaran Rp121 miliar.

Fokusnya untuk pembangunan dan pengelolaan prasarana perhubungan darat, lalu lintas perhubungan darat, angkutan dan multimoda serta pembinaan dan pengembangan keselamatan.

“Perlu menjadi perhatian pemerintah daerah adalah ketersediaan dan status lahan yang digunakan sebagai lokasi pembangunan dermaga penyeberangan karena sering menjadi penghambat,” tandas Benny.

Sedangkan, Asisten Pemerintah Setda setempat, Angelius Renjaan, mengapresiasi penyerahan armada maupun dermaga penyeberangan karena strategis dalam menghubungkan 11 kabupaten/ kota dengan 1.340 buah pulau.

Apalagi, sekitar 92,4 persen dari wilayah Maluku seluas 712.480 KM2 merupakan laut sehingga strategis dalam menjawab kebutuhan transportasi, baik darat maupun penyeberangan. (*/ant)

One thought on “3 Kapal Feri dan Dermaga Dihibahkan ke MBD, Buru Selatan dan Seram Bagian Timur

  1. Halo pimpinan Satumaluku.com,
    Perkenalkan saya Helena Elisabet dari Karirpad.com.
    Sebagai Penyedia Informasi Lowongan Kerja Gratis (Online Job Portal) kami sudah menjalin kerjasama dengan lebih dari 550 Business Partner di Seluruh Indonesia, dan saat ini saya ingin menawarkan kerjasama dengan Satumaluku.com.
    Konsep kerja sama yang kami tawarkan adalah “Full Barter”, namun bisa mendatangkan Revenue Stream bagi Media yang bersangkutan. Apabila Pimpinan tertarik, dapat mengirimkan no telepon yang dapat kami hubungi, atau dapat mengirimkan email ke helena@karirpad.com.
    Sukses selalu untuk kita.
    – Jabat Erat –

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s