Demokrat Rekomendasikan Lima Paslon untuk Pilkada di Maluku


satumaluku.com- Partai Demokrat memberikan rekomendasi pada lima pasangan calon (paslon) untuk pilkada serentak di Provinsi Maluku pada 2017. Pemberian rekomendasi pada kelima paslon tersebut dilakukan Sekjen Partai Demokrat Dr Hinca IP Pandjaitan XIII di Taman Politik sekaligus Kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi 41, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Jumat (19 Agustus 2016) pukul 15.30-17.00 WIB.

Kelima pasangan calon (paslon) diusung Partai Demokrat untuk pemilihan walikota/wakil walikota Ambon, bupati/wakil bupati Seram Bagian Barat; Maluku Tengah; Maluku Tenggara Barat; dan Pulau Buru.

Dr Hinca IP Pandjaitan XIII mengatakan, Kelima paslon diusung Partai Demokrat karena kelimanya telah melewati berbagai tahapan yang ditentukan Partai Demokrat. Mereka terpilih dari sedemikian banyak orang yang berminat menjadi pemimpin di berbagai daerah di Maluku. Demokrat sangat menghargai dan meyakini kelima paslon tersebut adalah putra terbaik bangsa di Maluku sehingga kelimanya dilepas seacra khusus dengan acara budaya Maluku, musik tradisional toto buang.

Untuk Pilkada Kota Ambon, Partai Demokrat mendukung pasangan Drs Paulus Kastanya MSi dan Muhammad Armyn Syarif Latuconsina ST MT. Paulus Kastanya adalah Kepala Dinas Sosial Maluku. Muhammad Armyn Syarif Latuconsina (yang lebih dikenal sebagai Sam Latuconsina) adalah Wakil Walikota Ambon. Paulus Kastanya segera mengundurkan diri sebagai Kepala Dinas Sosial Maluku terkait Pilkada Kota Ambon. Dia akan menjadi kader Partai Demokrat.

Sekretaris DPD-PD Maluku Elwen Roy Pattiasina menegaskan, kedua pasangan calon akan memenangkan pilkada dan membuat Kota Ambon menjadi lebih baik. Demokrat merekrut Paulus Kastanya sebagai kader karena rendah hati dan kerap turun langsung dalam berbagai kegiatan sosial. Figurnya cukup dikenal luas masyarakat Ambon yang mengharapkan adanya figur baru dan inspiratif sebagai pemimpin demi kemajuan masyarakat Ambon.Di Maluku Tenggara Bagian Barat,

Demokrat mencalonkan pasangan calon Petrus Fatlolon SH MH dan Agustinus Utuwaly SSos. Petrus Fatlolon adalah putra asal Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) yang kini menjabat wakil Ketua DPRD Kota Sorong sekaligsu Ketua DPC-PD Kota Sorong. Ia memiliki latar belakang di bisnis minyak dan gas. Diyakini jika Petrus Fatlolon terpilih sebagai Bupati Maluku Tenggara Barat maka ia bisa membantu meningkatkan kemakmuran rakyat.

Di Maluku Tenggara Barat terdapat Blok Masela. Pembangunan blok ini akan membutuhkan banyak tenaga kerja. Mulai dari pengelasan, kontruksi dan sebagainya. Pembangun Blok Masela sangat menguntungkan masyarakat Maluku Tenggara Barat dari sisi lapangan kerja yang berdampak langsung pada perekonomian rakyat.

DI Kabupaten Pulau Buru, Demokrat mengusung pasangan petahana bupati Ramly I Umasugi Spi MM berpasangan dengan Amos Besan SH, kader Partai Demokrat. Kader Partai Demokrat itu adalah mantan anggota Polri yang mengajukan pensiun dini. Sampai detik ini, belum ada pasangan yang akan melawan Ramly I Umasugi. Hal ini wajar karena di bawah kepemimpinan Ramly I Umasugi, Pulau Buru berkembang sebagai lumbung padi Indonesia Timur. Keberhasilan pertanian di Pulau Buru membuat pendapatan dan perekonomian masyarakatnya meningkat tajam.

Di Seram Bagian Barat, Demokrat mendukung pasangan Drs Paulus Samuel Puttileihalat dan H Amiruddin SE. Paulus Samuel Puttileihalat adalah Kadis PU Seram Bagian Barat yang segera mengundurkan diri untuk menjadi kader Partai Demokrat. Ia mengambil risiko mundur dari birokrat karena meyakini akan memenangkan pilkada di Seram Bagian Barat.

Di Maluku Tengah, Partai Demokrat mendukung pasangan petahana Tuasikal Abua dan Marlatu L Leleury. Pasangan calon ini, hingga detik ini, belum mendapatkan lawan. Hal ini dikarenakan duet Tuasikal Abua dan Marlatu L Leleury sangat berhasil memimpin Maluku Tengah. (ald)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s