Pilwakot 2017, Jumlah DP4 Kota Ambon yang Diserahkan 277.021


Ambon- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon menyatakan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang diserahkan pemerintah pusat sebanyak 277.021 pemilih.

Komisioner KPU Ambon Divisi Perencanaan dan Data Rudy Layn menyatakan, DP4 Kota Ambon yang telah diterima tercantum 277.021 pemilih atau terjadi penambahan dari sebelumnya 256.661 pemilih.

“Pertambahan jumlah DP4 karena bertambahnya pemilih pemula, karena itu data yang kami terima ini akan menjadi data penyelenggaran Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon pada Februari 2017,” katanya di Ambon, Rabu (24/8/206), dilansir Antara.

Ia mengatakan, setelah menerima DP4 selanjutnya pihaknya akan menyerahkan kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih.

“Saat ini kami melakukan bimbingan teknis kepada 950 PPDP yang tersebar di lima kecamatan di Ambon, mereka selanjutnya akan bekerja berdasarkan DP4 yang diterima,” ujarnya.

Rudy menyatakan, berdasarkan PKPU nomor 4 tahun 2016 tentang tahapan program dan jadwal penyelengaraan pilwakot tahun 2014, yakni tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih akan dilaksanakan 8 September hingga 8 Oktober 2016.

Jumlah penduduk serta wilayah yang cukup luas, katanya, tidak memungkinkan proses pemutakhiran data hanya ditangani oleh PPS, sehingga diperlukan tenaga yang membantu tugas PPS.

“Saat ini kita menyiapkan petugas selanjutnya ketika mereka turun melakukan pencocokan data, waktu yang akan kami berikan untuk proses pencocokan di lapangan selama 30 hari,” katanya.

Dijelaskan, petugas mulai mendatangi masyarakat mulai 8 September dan akan berakhir 8 Oktober 2016, kami berharap semua warga yang memiliki hak pilih bisa terdaftar dalam DPT.

“Aturan yang berlaku tidak boleh ada lagi pemilih tambahan, karena itu seluruh warga harus mendaftarkan diri dan masuk dalam DPT KPU agar memiliki hak pilih,” katanya.

Rudy mengharapkan, warga dapat membantu tugas PPK, PPS dan PPDP dalam menjalankan tugasnya agar semua warga dapat terakomodasi saat pemilihan nanti.

“Mereka merupakan tenaga sukarela yang digunakan untuk membantu pemutakhiran data, karena itu warga juga diminta membantu tugas PPDP di lapangan dalam melakukan pendataan serta mengakomodasi semua pemilih yang ada,” ujarnya. (*/ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s