Calon Sultan Ternate Mulai Jalani Masa Uji


satumaluku.com- Proses pemilihan Sultan Ternate, Maluku Utara, saat ini telah memasuki tahapan pengujian.

Sejak Kamis (1/9) malam, tiga calon Sultan mulai mengikuti proses pengujian secara ritual. Mereka adalah putra Almarhum Sultan Mudaffar sjah, yaitu Nulzulluddin Bin Mudaffar Sjah, Firman Mudaffar Sjah dan Hidayatullah Mudaffar Sjah.

Dari informasi yang diterima, ketiga calon Sultan telah memasuki kamar Puji dan langsung memberikan pamitan di dalam kamar yang maha keramat tersebut.

Amatan Deliknews.com ketiga putra sultan itu memasuki kamar puji kedaton kesultanan ternate di awali dengan doa dari para bobato falaraha, setelah itu ketiganya langsung di gotong oleh sowohi atau penjaga kamar puji menuju ke dalam kamar untuk melakukan ritual pamitan bahwa ketiganya siap di uji.

Namun, pengujian itu baru akan dilakukan mulai jumat (2/9) hari ini, dan dalam proses pengujian ini yang lebih mendahulukan masuk mengikuti pengujian adalah Firman Bin Mudaffar Sjah, pengujian untuk firman dan dua calon lainnya akan dilakukan selama tiga hari di dalam kamar tersebut.

Saleh Abubakar, Sowohi atau petugas penguasa kamar puji Kesultanan Ternate, mengatakan, jika dalam proses pengujian di kamar rahasia tersebut belum sampai pada ketiga hari, kemudian salah satu diantara tiga calon Sultan yang mengikuti proses pengujian itu keluar dari kamar puji, maka akan di anggap gagal atau terileminasi, jika iya mampu menyelesaikan tugasnya selama tiga hari maka iya di anggap sukses.

Namun, kata Saleh, jika ketiganya mampu menyelesaikan tugasnya tersebut maka pihak perangkat adat akan terus melakukan kembali proses pengujian dengan cara yang lain.

Dalam kamar puji tersebut, terdapat berbagai ujian yang sangat Keramat dan ujian itu di lakukan langsung oleh para sultan terdahulu yang menyamar dengan berbagai macam mahluk sehingga jika para sultan yang di uji dalam kamar itu lalu iya tidak mampu dan keluar dari kamar tersebut maka iya di anggap gagal.

12 Calon

Sebelumnya, seperti dilansir Antara, Perangkat Kesultanan Ternatemenetapkan 12 nama calon Sultan Ternate ke-49, menyusul wafatnya Sultan Mudaffar Sjah pada tahun lalu.

“Mereka adalah Hi Syarifuddin Iskandar Muhammad Djabir Sjah, Hi Zainal Nasir Sjah, Iskandar Zulkarnaen Sjah, Muhammad Gazali Sjah, Hidayatullah Mudaffar Sjah, Nululluddin Sjah, Firman Sjah, Syahmar Sjah, Muhammad Buchari Effendi Sjah, Chaerun Djamil Abdul Hamid Sjah ,Arsyad Abdul Hamid Sjah dan Usman Nasir Sjah,” kata Perangkat Kesultanan Ternate, Arifin Madjid di Ternate, Kamis.

Dia mengatakan, 12 nama calon sultan tersebut diserahkan oleh Fanyira Ngungare kesultanan melalui rapat Bobato 18 di sekertariat pemilihan Sultan Ngaralamo Kelurahan Soasio Ternate Tengah.

“Saya selaku perangkat adat yang di dalamnya Bobato Delapan menerima 12 nama calon sultan baru yang diserahkan oleh Soa Ngungare,” katanya.

Selanjutnya kata Arifin, Bobato 18 akan melaksanakan seleksi hingga diperoleh satu nama sebagai sultan definitif.

Sementara itu, Pelaksana tugas Sultan Ternate, Munir Amal Tomagola mengatakan, ada dua metode penobatan Sultan Ternate, yaknik menggunakan mahkota dan upacara ritual.

“Menurut orang Ternate ada kerja-kerja secara atau ritual adat, menggunakan mahkota untuk menentukan siapa sultan berikutnya. Artinya pemilik mahkota itu yang akan menentukan sendiri dibantu perangkat adat yang meletakan mahkota di kepalanya calon-calon sultan,” kata Munir.

“Di antara calon sultan, kalau mahkota tidak cocok maka dengan sendirinya mahkota itu akan terbang keluar, mencari sultan yang akan dipilih dan bisa saja calon sultan yang dipilih mahkota itu bukan dari dalam kedaton, tetapi bisa dari luar dan itu semuanya bergantung pada maunya mahkota itu,” katanya.

Menurut Munir, jika sosok calon sultan tak merasakan apa-apa saat mahkota diletakkan di kepalanya, maka dialah sosok yang terpilih.

“Kalaupun yang diletakan itu sepadan di kepala, tetapi si calon sultan berteriak seakan menahan beban berat di kepala, maka itu tidak terpilih sebagai sultan,” katanya. (*/dnc/ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s