Gubernur Maluku Resmikan Gereja Orang Basudara


satumaluku.com- Gubernur Maluku Said Assagaff didampingi Ketua Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Pendeta A.J.S. Werinussa dan Sekretaris Kota Ambon A.G. Latuheru, Minggu (4/9), meresmikan Gereja Bethania di kawasan jalan Ahmad Yani Ambon, Minggu (4/9).

Gereja Bethania yang diresmikan dan ditahbiskan ini, menjadi model gereja Orang Basudara (bersaudara) yang peletakan batu pertama dan peresmiannya, ikut dihadiri Basudara Salam (Muslim) di Ambon.

“Dalam sambutannya tadi, Ketua Sinode GPM katakan, ini jadi model untuk gereja Orang Basudara, saya sangat mengapresiasi dan bangga, kita memulai hal-hal seperti itu lagi,” ujar Gubernur Assagaff usai peresmian dan pentahbisan gedung gereja Bethania.

Ke depan, dia berharap, ada rumah-rumah ibadah yang juga menjadi rumah ibadah Orang Basudara. Ini untuk mendorong upaya membangun Maluku yang rukun, aman, religius dan berkualitas.

“Saya tadi terinspirasi, jika sudah membangun pemukiman multietnis, multikultur, mungkin nanti ada satu bangunan Orang Basudara, yang bisa digunakan beribadah untuk semua umat beragama yang ada di dalam perkampungan tersebut,” ujar Gubernur Assagaff.

Kampung multikultur sendiri menurut Assagaf, lokasinya di depan Bandara Pattimura Ambon, dan saat ini masih dalam taraf pembebasan lahan yang diharapakan tahun ini selesai.

“Selain perkampungan multikultur, saya juga berharap, tahun ini pembebasan lahan untuk Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) berbasis maritim terbesar di Indonesia Timur bisa diselesaikan. Kemarin saya sudah tinjau kedua lokasi itu,” kata Assagaff.

Assagaf berharap, semoga rencana Presiden Joko Widodo bermalam Tahun Baru di Ambon bisa berlangsung sesuai rencana, dia berharap di tanggal 1 Januari 2017, presiden bisa meletakkan batu pertama pembangunan RSUP dan perkampungan multikultur itu.

“Tanah untuk rumah RSUP berada di dekat kali Wailela dan diminta luasnya 8 hektar, sedangjan perkampungan muktikuktur di depan kawasan bandara direncanakan sebesar 5 hektar,” pungkasnya.(zal)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s