Kabupaten MTB Gelar Pesta Teluk Saumlaki


Saumlaki- Dalam rangka memeriahkan HUT ke-17 Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang jatuh pada 4 Oktober 2016, Dinas Pariwisata dan Usaha Ekonomi Kreatif setempat akan menggelar Pesta Teluk Saumlaki yang berisikan aneka perlombaan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Usaha Ekonomi Kreatif Maluku Tenggara Barat, M. Batlolona di Saumlaki, Senin, mengatakan, dalam rangka memeriahkan Pesta Teluk Saumlaki tersebut, pihaknya telah membuka pendaftaran beberapa jenis kegiatan bersifat kompetisi, di antaranya lomba perahu kumal, lomba pemilihan Tabweri dan Batdare (Putra dan Putri Tanimbar), lomba fotografi, lomba mancing tradisional, lomba voli pantai, dan lomba hias perahu nelayan.

“Kita angkat ikon perahu kumal sebagai salah satu inspirasi bagi masyarakat, karena yang terkenal sampai ke manca negara adalah situs perahu batu di Tanimbar yang menggambarkan tentang sifat kabaharian orang Tanimbar,” tutur katanya.

Menurut Batlolona, semua kegiatan lomba bertema “Cinta Bahari, Cinta Negeriku”, karena Kabupaten MTB memiliki banyak potensi laut yang perlu dijaga dan dilestarikan serta dikelola secara baik dan benar demi kesejahteraan masyarakatnya.

Lomba dayung perahu kumal diikuti perwakilan dari 10 kecamatan, lomba pemilihan Tabweri dan Batdare melibatkan perwakilan dari SMA dan SMK se Kabupaten MTB, sementara sejumlah lomba-lomba lainnya terbuka untuk umum, termasuk semua dinas, badan, bagian dan kantor di lingkup Pemkab MTB.

“Semua lomba dijadwalkan berlangsung mulai 30 September sampai dengan 4 Oktober 2016,” kata Batlolona.

Ia menambahkan, selain lomba-lomba bertema bahari, Pesta Teluk Saumlaki juga akan dimeriahkan dengan karnaval budaya, pameran dan pawai pembangunan, panggung hiburan, lomba tarian tradisional seperti Lilike, Angkosi, Dodobol dan Tnabar Ilaa.

“Tahun ini, sejumlah perlombaan tersebut kita masih lakukan secara internal. Nanti di tahun-tahun mendatang kita akan mencoba untuk membuka secara luas, dengan mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menyaksikannya,” katanya.

Kabupaten Maluku Tenggara Barat dengan ibu kota Saumlaki memiliki 85 pulau, 57 di antaranya berpenduduk, dimekarkan pada 1999 berdasarkan UU No. 46 Tahun 1999 tentang Pembentukan Provinsi Maluku Utara, Kabupaten Buru dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat sebagaimana telah diubah dengan UU No. 6 Tahun 2000.

Kabupaten yang sering juga disebut Kepulauan Tanimbar itu merupakan salah satu wilayah terluar Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste.(*)

Sumber: Antara
Pewarta: Simon Lolonlun
Editor: John Nikita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s