Tuasikal Dukung Pemekaran Seram Selatan


MASOHI- Bupati Maluku Tengah (Malteng) Abua Tuasikal mendukung upaya pe­mekaran Kabupaten Seram Selatan.

Dukungan Tuasikal ini dinyatakan saat membuka Musyawarah Besar Latupati Kecamatan Tehoru dan Telutih di Balai Negeri Wollu, Kecamatan Telutih, Selasa (27/10). Pembentukan daerah otonomi baru itu, saat ini sedang diper­juangkan oleh tokoh-tokoh masya­rakat Kecamatan Tehoru dan Telutih yang tergabung dalam Konsorsium Per­cepatan Pemekaran Kabupaten Seram Selatan.

Tuasikal memastikan akan meng­akomodir semua upaya pemekaran dusun-dusun menjadi negeri administratif sehingga memungkinkan untuk membentuk kecamatan-keca­matan baru sesuai syarat yang ditetap­kan oleh ketentuan per­undang-undangan.

“Saya sekali lagi menegaskan bah­wa sangat merespons semua aspi­rasi masyarakat untuk mencapai pe­mekaran kabupaten baru, kesem­patan ini pula saya mene­gaskan dan memberikan tugas kepada semua kepala pemerintah negeri serta camat di dua wilayah kecamatan ini untuk menampung semua aspirasi masya­rakat yang merindukan adanya kabu­paten baru di wilayah ini, dengan menampung usulan-usulan pem­ben­tukan dusun menjadi negeri ba­ru pada kedua kecamatan ini,” tegasnya.

Tuasikal mengatakan, perjuangan pemekaran harus dapat ditindak­lanjuti sesuai dengan aturan per­undang undangan yang berlaku. “Saya menghimbau agar aspirasi pe­mekaran yang sedang digulirkan warga Tehoru dan Telutih melalui konsorsium ini harus dipastikan ber­jalan sesuai dengan aturan per­undang-undangan yang berlaku agar harapan masyarakat dapat di­wujudkan,” tandasnya.

Menurutnya, dukungan  peme­rintah kecamatan dan para kepala pemerintah negeri  sangat penting untuk mempercepat pemekaran, seka­ligus mengantisipasi potensi- potensi kerawanan.

Ketua Panitia Musyawarah Besar Latupati Kecamatan Tehoru dan Telutih, Sirwan Mualo dalam lapo­rannya mengatakan, kehadiran bupati merupakan kebahagian bagi mereka. Ia berharap, perjuangan peme­karan Kebupaten Seram Selatan didukung Pemkab dan DPRD Malteng.

“Sikap pak bupati dengan meng­hadiri kegiatan mubes yang kami gelar adalah suatu bentuk dukungan yang merupakan kebahagiaan ter­sen­diri bagi kami warga Tehoru dan Telutih. Apalagi dalam upaya ini kami telah mengantongi rekomen­dasi dukungan dari 15 Anggota DPRD Malteng, akan tetapi untuk mewujudkan semua aspirasi masyarakat menjadikan Kabupaten Seram Selatan dari pemerintah Kabupaten Malteng sangat kami harapkan,” tandasnya. (*)

Leave a comment